Facebook, Google, Biang Pemanasan Global

Kelompok aktivis lingkungan Greenpeace menuduh situs-situs internet seperti Facebook, Apple, Microsoft, dan Google memberikan kontribusi pada pemanasan global.

Alasannya, situs-situs terkemuka itu menggunakan energi dari pembangkit listrik dengan bahan bakar batu bara untuk mendukung operasional pusat data layanan internet mereka.

Pernyataan tersebut terungkap dalam laporan Greenpeace berjudul ‘Make IT Green: Cloud Computing and its Contribution to Climate Change’. Melalui laporan tersebut, Greenpeace memperingatkan bahwa pusat data raksasa komputasi awan, termasuk Google, Facebook, Microsoft, Yahoo, dan lainnya sebagian besar mendapat tenaga dari batu bara, faktor pendorong pemanasan global.

Seperti dikutip dari laman PC Advisor, 1 April 2010, Greenpeace menuduh perusahaan-perusahaan terkemuka itu belum cukup berusaha untuk mengganti sumber energi pusat data. Pasalnya, mereka bisa menggunakan sumber energi alternatif atau setidaknya mendorong dilakukannya perubahan kebijakan.
Sebelum laporan ini dirilis, Greenpeace melontarkan kritik terhadap Facebook karena membeli listrik untuk pusat data custom-built pertama dari perangkat yang menggunakan lebih banyak batu bara dibanding datacenter lainnya di Amerika Serikat.

Datacenter di Prineville, Oregon, tersebut akan membeli sumber energi dari Pacific Power. Greenpeace juga membuat group di Facebook, menuntut agar situs pertemanan itu berhenti menggunakan sumber energi batu bara.

Laporan Greenpeace mengklaim Apple, Facebook, Microsoft, Yahoo, dan Google juga akan membangun pusat data baru yang kembali bergantung pada batu bara. Greenpeace meminta agar perusahaan-perusahaan itu membangun pusat data di area di mana mereka bisa mendapat energi listrik dari sumber tergantikan.
Namun Greenpeace, dalam laporan tersebut, juga memuji Yahoo karena membangun datacenter di dekat Buffalo, New York, yang akan menggunakan sumber listrik hidro.

sumber : yahoo.com

10 Komentar to “Facebook, Google, Biang Pemanasan Global”

  1. ahah pertamanya..
    apa kabar sobat lama g mampir kesini..
    hayah kalo emang FB, google jadi biang pemanasan global berarti kita sebagai user ikut berkontibusai dnk wehe…

    Sukses Slalu!

  2. keduax….
    hehehe

    oooo….. begitu… nice info
    ngomong-ngomong sumber listrik hydro dari energi apa?

  3. @5498187031152336057.0
    kalo itu gw gak tau

  4. baru tahu saya, thanks infonya sob ^^
    met siang yah, met weekend

  5. @4662067609963453481.0
    gw jga baru kmren

  6. Hmmmz baru tau nih, nice inpo gan. La kenal

  7. @6141452385321027580.0
    lam knal jga

  8. Oooo gitu tooh… waaa aq bru tau neeehhh… Abis yg namanya komputer ud merupakan kebutuhan dunia seeehh… btw, klo mnurut para ahli, penggunaan kulkas/freezer/ac jga bsa menipiskan ozone… apa daya alat2 itu qta perlukan se-hari2… listrik yg qta pake jga perlu energi yg didpat dgn berbagai sumber daya energi baik air, udara, sampe nuklir yg kesemuanya menggunakan sumber daya alam dlm jumlah besar … yaaa jadinya qta iqtan ngerusak alam dweech… Uuuppss… komentarnya kepanjangan… maaf yaaa…

  9. @718508370160514743.0
    bener yg kmu katakan,
    gak apa”kok kalo koment panjang”,. gak masalah bgi gw

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: