Harddisk cepat untuk komputer cepat

Dari artikel di CodingHorror
Intinya, klo pengen komputer yang bener2 cepat, pake harddisk yang bener2 cepet (diatas angka standar 7200 RPM). Karena harganya lebih mahal, penulis artikel (Jeff Atwood) menyarankan untuk memakai 2 harddisk, 1 cepat dan kecil, 1 normal dan besar (yang memberi keuntungan lain).
Why?
Performa komputer seperti saat melalui jalan raya, tidak peduli ada jalan tol dengan tulisan “Silakan
ngebut secepat anda”, kita nggak akan cepat sampai kalau setelah jalan tol itu ada 3 sekolah berderet dan sedang waktunya pulang sekolah (lebih cepet parkir trus jalan). Nah, biasanya sih, underused di PC itu prosesor. Buktinya? Coba jalanin program apapun, kecuali game, misalnya office kamu, photoshop, dll, trus sementara itu biarkan taskmanager terbuka di tab perfomance. Dijamin, kecuali kmu kena virus/konfigurasi program komputermu parah/komputermu ngrangkap dynamic web server dengan pengakses 100 hits perdetik, grafik teratas (prosesor) cuma naik sebentar2 aja. Dimana bottlenecknya? Pertama2 karena pengguna memang nggak akan render gambar 20 megapixel setiap saat, tapi ada juga bottleneck.
Yang paling kena di memori. Klo bagian Physical Memory Total lebih dikit dari Commit Charge Peak, kmu bisa bikin komputermu ngebut hanya dengan tambah memori (kecuali klo Commit Charge Peak nembus hanya setelah kmu jalanin Crysis full setting). Nambah memori walaupun angka Peak g nembus juga membantu karena memori nganggur dipake utk cache file (g usah baca ke harddisk karena dibaca duluan dan ditaruh di memori)
Begitupun, harddisk tetap jadi tempat data terlambat dan terbesar di komputer. So, harddisk yang lebih cepat, bakal bikin jalannya komputer lebih ngebut. Klo 2 harddisk? Saat beroperasi dengan komputer, biasanya ada 2 tipe data yang dibaca, data program (dari Program Files dan Windows) dan data pengguna (dari Documents and Settings/Users). Nah, klo lokasi mereka dipisah ke 2 harddisk, harddisk g usah lompat-lompat gantian mbaca (dan lompat2 inilah yang sangat lambat).
Dimana peran grafik card? Hanya saat render, kecuali kmu ikut program pemanfaatan GPGPU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: