DVD/CDROM hilang?

Bukan hilang digondol maling, tapi hilang sendiri di Windows. Di Device Manager ada, tapi tanda seru. Disuruh uninstall, install, delete, dll, tetep aja dengan setia bilang “best driver installed”. That FREAKIN’ driver don’t work…
Gimana tuh caranya? Muter2 di forum g’ jelas, ketemu KB 320553. The EVEN MORE FREAKIN’ is situs Microsoft bilang utk sementara belum ada. Nha, untungnya di sini ada cache
informasinya (itupun hasil Google Translate dari bahasa Jepang, jadi jangan heran klo infonya agak retarded).
So, buka regedit tercinta, masuk ke HKEY_LOCAL_MACHINE/System/CurrentControlSet/Control/Class/{4d36e965-e325-11ce-bfc1-08002be10318} (saking banyaknya, masuk aja ke bagian Class, trus search 08002be10318)
Hapus Upper Filter dan Lower Filter. Restart. Masalah selesai.

Siapa yang berdosa disini? Generally, semua perusahaan yang ngurusi CD/DVD, karena upper filter dan lower filter itu diinstal mereka (dan kemudian bermasalah). Tepatnya, BUKAN Nero dan Ashampoo, tapi yang pasti termasuk diantara program g’ berguna yang basically cuma iklan untuk memurahkan laptop di seri laptop Toshiba baru2 ini (sejak setahun yang lalu sih).
The sad story (for me, at least), masalah ini pertama muncul di laptop temen gua yang baru beli setelah gua buangi program g berguna, dan dalam waktu 12 jam kudu dia bawa lagi. Tanpa akses internet dan DVD Vista, terpaksa recovery pake DVD Toshiba (yang bikin gua keluarin isi kebun binatang buat staf Toshiba saking lamanya dan tidak otomatisnya recovery itu) dan setelahnya uninstall hati-hati, hanya yang yakin g ngakses CD/DVD. Adiknya beli laptop yang satu seri (beda prosesor dan warna), gua bisa menghindari itu dengan uninstal hati2 (tapi akhirnya tetep recovery juga karena Vista SP1 g mau diinstall gara2 keinterupsi blue screen), dan posting ini diketik menggunakan laptop yang satu seri lagi, kali ini beda prosesor sama warna, dan masalah ini muncul 2x gara2 gua g sabar hapusi program g penting itu. Thanx buat posting itu, gua g usah bikin rekor pribadi install Vista 3x sehari (temen gua pernah).
Moral of the Story : Walaupun program g berguna itu bagaimanapun juga udah ngurangi harga laptop karena iklannya, IF POSSIBLE, cari PC/laptop yang dilengkapi DVD Vista Asli tanpa aksesoris, dan driver yang bisa digunakan tanpa harus recovery (Screw you Acer Ferrari, screw you Fujitsu). So far yang paling memenuhi keinginan ini adalah beli laptop Axioo, minta dengan Vista Home Premium OEM. Tapi kualitasnya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: