SYSTEM HYBERNATE

Agar proses startup dan shutdown anda dapat berjalan lebih cepat dari biasanya, aktifkan system hibernate pada computer anda. Ketika computer anda di-hybernate maka omdisi windows pada saat itu dan berbagai informasi di RAM akan di catat dalam hardist anda.
Saat anda melakukan start up kembali, settingan ini nantinya akan diambil dari harddisk dan dimasukkan kembali ke RAM. Dengan demikian kerjaan anda anda tidak akan hilang dan anda bisa melanjutkan semua kerja anda kembali tanpa perlu membuka applikasi yang sedang berjalan satu persatu.

Misalkan anda sedang bekerja dengan MS word kemudian anda menshutdown computer anda tanpa menutup MS word ataupun menyimpan kerja anda terlebih dahulu, jika system hibernate anda aktif maka computer anda menyimpan kerjaan anda sekaligus setingan-setingan windows sebelum akhirnya dimatikan, sehingga pada saat anda menghidupkan windows kembali anda akan menemukan jendela windows persis saat terakhir kali anda gunakan yaitu dengan program MS word yang masih terbuka dengan ketikan tersebut tidak hilang satu hurufpun.
Untuk mengaktifkan hibernate lakukanlah langkah-langkah berikut ini:


  • Klik menu start → control panel

  • Cari icon power option kemudian klik 2X

  • Akan muncul menu pop up power option properties, klik tab hibernates

  • Pada tab hibernates tandai pilihan wnable hibernates. Jika pilihan tersebut tidak ada berarti computer anda tidak mendukung fitur ini

  • Jika sudah pindah ke tab advance. Pada box power button, klikmenu pull down yang ada disana dan pilih hibernates

  • Klik apply jika sudah

  • Pada tab power schemes anda bisa mengatur komfigurasi power management anda. Klik lah menu pull down yang ada di sana untuk melakukan settingan tersebut


Pada tab turn of monitor tentukan berapa menit monitor akan dimatikan saat computer ditinggalkan (didiamkan). Misalkan anda memilih 2 menit maka saat computer tidak digunakan dalam 2 menit maka monitor akan mati secara otomatis. Fitur ini tergantung dari jenis monitor anda karena beberapa monitor ada yang tidak mendukung fitur ini



Begitu juga dengan pilihan-pilihan lainnya. Pada fitur hibernate, pilih berapa menit computer anda akam di-hybernate saat computer anda ditinggalkan (di diamkan). Jika anda mengaktifkan pilihan ini maka computer akan di hibernate kemudian di matikan.

Fitur ini sangant berguna, misalnya anda sangat trerburu untuk pergi ke suatu tempat dan anda lupa untuk mematika computer maka computer anda akan mati (turn of) dengan sendirinya dalam waktu yang telah anda tentukan. Tetapi jika anda tidak menginginkan fitur ini anda tinggal memilih never pada menu pull down.


Sumber : buku “rombak total XP anda” karya ERI BOWO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: