MEMATIKAN BEBERAPA SERVICE YANG TIDAK BERGUNA

anda dapat meningkatkan performa windows anda dengan mematikan beberapa service yang tidak anda butuhkan. Dalam windows, terdapat berbagai macam service yang akan terus diaktifkan dan di proses secara terus menerus tanpa memperhatikan kondisi komputer anda, misalnya komputer anda tidak terhubung ke dalam suatu jaringan alias stand alone, maka anda tidak akan membutuhkan service dari windows yang berbau jaringan tetapi windows tidak mau tahu akan hal ini.
Windows tetap menjalankan service terrebut walaupun komputer anda tidak terhubung ke dalam sistem jaringan baik itu jaringan local ,LAN ataupun internet dan hal ini akan membuat kinerja windows anda semakin lambat. Untuk itu anda dapat memilih service mana yanganda butuhkan dan mana yang sebaiknya anda matikan.
Berikut daftar service yang dapat anda pertimbangkan untuk tetap anda gunakan atau anda matikan.
Warning service alerter
service ini berfungsi untuk menyampaikan peringatan dari administrator. Jika anda sendiri merupakan administrator atau anda merasa tidak perlu menerima peringatan dari gdministrator, sebaiknya matikan saja service ini.
Computer browser
service ini berfungsi untuk menjaga dan mengelola daftar komputer yang terdapat dalam suatu network atau jaringan, jika komputer anda tidak terhubung dalam suatu jaringan atau berdiri sendiri matikan service ini.
Indexing service
jika anda pernah melakukan proses pencarian file lewat fitur search atau find pasti anda akan ditawari untuk membuat pencarian berikutnya berjalan lebih cepat
jika anda klik pilihan “yes, but make future searcher faster”, maka windows akan membuat indeks dari dokumen-dokumen yang ada sehingga proses pencarian anda berikutnya akan berjalan lebih cepat. Indnxing service inilah yang bertugas membuat index dari dokumen-dokumen anda. Jika anda jarang melakukan pencarian sebaiknya matikan saja service ini.
Storage space folder
service ini memungkinkan anda untuk melakukan pertukaran data antar PC dalam sebuah jaringan, jadi jika komputer anda berdiri sendiri atau tidak terhubung ke dalam suatu jaringan, service ini tidak ada gunanya.
Error reporting service
layanan ini hanya berfungsi dalam sebuah jaringan tugasnya untuk menyampaikan laporan kesalahan dak error dari event protocol jaringan.
Server
jika anda berada dalam suatuu jaringan, layanan server ini sangat dibutuhkan agar anda dapat berbagi dile dari printer. Tetapi jika anda tidak terkoneksi oleh suatu jaringan sebaiknya matikan saja service ini.
TCP/IP netbios helper
service ini hanya berguna dalam sebuah jaringan, matikan saja jika komputer anda tidak terhubung dalam suatu jaringan.
System event notification
service ini berfungsi untuk mengirimkan berita berupa sebuah jendela pop up dalam sebuah jaringan. Biasanya jaringan ini banyak digunakan oleh perusahaan-perursahaan periklanan untuk mengirimkan iklanya lewat internet. Jadi jika anda tidak membutuhkan service ini sebaiknya matikan saja.
neet meeting remote desktop sharing.
Sepgce ini memungkinkan anda mengendalikan komputer lain dalam suatu jaringan baik jaringan local ataupun internet. Matikan saja service ini jika komputer anda berdiri sendi (tidak terkoneksi oleh suatu jaringan.)
IPSEC service
service ini dibutuhkan oleh anda yang ingin membuat sebuah koneksi terenkripsi dengan sebuah server. Jika tidak berada dalam suatu jaringan baik local atau interne, sevice ini tidak ada gunanya.
Remote registry
layanan ini menmngkinkan anda untuk mengakses registry komputer lain dalam suatu jaringan. Jika gnda seorang administrator dalam sebuah jarhngan maka service ini anda butuhkan untuk mengelola komputer client anda khususnya yang meoyangkut masalah registry, tetapi jika jomputer anda tidak terhubung jaringan sebaiknya matikan saja.
TELNET
saat ini layanan telnet sudah jarang digunakan, layanan ini berfungsi untuk mengakses PC lain melalui protocol telnet. Matikan layanan ini jika tidak berada jalam suatuu jaringan baik lokal atau internet
upload manager
service ini berfungsi untuk memanage file yang akan di upload, hanya berfungsi dalam sebuah jaringam.matikan saja jhka tidak diperlukan.
Windows time
service ini bereungsi untuk meng-sinkronisasikan system waktu atau jam yang terdapat dalam jaringan. Hanya berguna bagi komputer yang terkoneksi oleh suatu system jaringan.
Portable media serial number service
berfungsi untuk memeriksa nomer seri media yang terloneks dengan komputer anda, misalnya anda memiliki mp3 player yang anda koneksikan ke PC maka service ini akan memeriksa nomer seri mp3 player tersebut. Layanan ini tidak banyak berguna, sebaiknya matikan saja.
Wireless zero configuration
Service ini berfungsi untuk mengatuur rebara otomatis konfigurasi W-LAN adaptor. Jhka anda tidak menggunakan W-lan, service ini tidak anda butuhkan.
Simpan daftar service yang perlu anda pertimbangkan tersebut.kini masuklah ke MSCONFIG.
  1. Klik menu start → run, pada tab open ketikan msconfig, kemudian klik OK
  2. Akan muncul jendela pop up system configuration utility klik tab service, disana terdapat daftar service, yang dijalankan oleh windows
  3. Sekarang anda pilih service yang akan anda dimatikan, gunakan daftar service di atas sebagai bahan pertimbangan
  4. Hilangkan tanda checklist pada checkbox service yang bersangkutan untuk menonaktifkannya. Sebagai contoh jika anda akan mematikan service layanan server, maka anda tinggal menghilangkan checklist yang terdapat dalam checkbox server
  5. Selanjutnya masuklah ke jendela setting service dengan cara mengklik menu start → control panel → administrative tool kemudian klik ganda icon service, maka akan muncul jendela pop up service.
  6. Plih service yang akan anda matikan, gunakan daftar service yang telah saya jelaskan sebelumnya sebagai bahan pertimbangan anda
  7. Klik kanan service yang akan anda matikan kemudian oilih stop. Pilihan akan mematikan service namun ketika computer anda di restart kembali, service ini akan dijalankan kembali. Anda bisa meminta agar computer tidak lagi menjalankan service ini dengan memilih pilihan startup type menjadi disable
  8. Sebagai contoh jika anda ingin mematikan service telnet maka anda klik kanan service telnet tersebut kemudian polih stop dan rubah pilihan startup type menjadi disable

Dengan mengurangi service-service yang aktif pada windows berarti anda telah mengurangi beban pada windows sehingga windows anda dapat berjalan lebih ringan dan cepat

Sumber : buku “rombak total XP anda” karya ERI BOWO

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: